Google Update Algoritma Exact Match Domain

Google Update Algoritma EMD (Exact Match Domain) - SEO XP Beberapa hari lalu Dunia Blogger digemparkan dengan Adanya Google Update yaang bernama EMD (Exatc Match Domain).
Setelah updatenya Algoritma Algoritma lainnya seperti Google Panda dan Google Pinguin atau bahkan Google Copyright (Belum Tentu) dan Sekarang ada lagi yaitu EMD (Exatc Match Domain).

Mari sejenak kita mengenal Algoritma EMD (Exact Match Domain) ini dengan secara saksama.

Mengenal Algoritma EMD (Exact Match Domain)

Setiap Blogger diwajibkan mempunyai domain, dan domain ini sangat sekali berpengaruh terhadap Blognya maupun SERP Tanpa domain bagaikan Orang tanpa nama. oleh karena itu Untuk mengoptimasi mesin pencarian dengan cara menggunakan kata kunci atau Keyword. Dengan cara memasang keyword blog kita bisa terindeks dengan mudah. Namun lain halnya dengan cara keyword dan domain disatukan dalam satu.
Contoh : 
Judul : Jasa Murah SEO
Domain : www.jasamuraahseo.com 

Dengan cara menerapkan teknik SEO seperti ini maka banyak Blog atau Situs Web yang berkualitas rendah (Baru  membuat, Konten tidak berkualitas, Memasang teknik ilegal dan sebagainya. mampu bersaing dengan Blog atau Situs Web Site besar dalam pencapaian Ranking SERP. mungkin karena alasan inilah Google Melakuakan Update lagi yaitu Algoritma EMD (Exact Match Domain). Jika Blog anda terdeteksi oleh Algoritma yang satu ini habis lah blog anda karena oleh Algoritma ini Blog anda akan dijadikan SPAM.


Penyebab Web Terkena Update Algoritma EMD

Berikut beberapa penyebab utama yang dapat mengakibatkan terkena dampak update algoritma EMD:
  • Konten yang berkualitas rendah
  • Duplikat konten
  • Berlebihan dalam iklan
  • Keyword dan Domain Sama

Fenomena Google EMD
 
Para webmaster dan online marketer sebenarnya sudah mengendus update ini jauh-jauh hari, dan beberapa yang jeli kemudian menjauhkan strategi ini dari kamus optimasi search engine mereka. Namun, tidak ada yang menduga update EMD Google akan dilakukan secepat ini, dan sehebat ini.
Setelah ditunggu-tunggu sekian hari, yaitu setelah diluncurkannya Google EMD Update pada 28 September 2012 lalu, akhirnya efek EMD update ini terasa juga di Indonesia. 

Beberapa webmaster yang berkorespondesi dengan saya menyampaikan bahwa website yang mereka kelola mengalami penurunan traffic secara signifikan, dan satu signal yang membuat saya menyimpulkan bahwa Google EMD benar-benar telah bekerja adalah: website mereka sama-sama menggunakan EMD. 

Saya sempat Berfikir akan mentarget website-website semacam ini dari beberapa forum internasional dan kemudian menyarankan klien-klien baru saya untuk tidak menggunakan EMD. Namun demikian, mereka masih boleh menggunakan apa yang saya sebut sebagai semi EMD, namun dengan identitas yang lebih bersifat brand. Sebagai contoh, pada blog ini, saya menggunakan dua jenis kata atau keyword dimana salah satunya bukanlah keyword umum, atau ketika digabungkan dengan keyword utama (Web) menjadi sebuah brand (Taut Web). Dengan demikian, masih ada satu kata kunci yang tetap bisa ditarget ketika digabungkan dengan title posting, keyword “Web” akan “memberikan” bantuan pada keyword lain yang saya target pada judul sebuah posting (artikel).

Tips Agar Tidak Terkena Algoritma EMD

Dan Berikut saya akan Memberikan Tipsnya Untuk Mengatasi Algoritma EMD ini.
  1. Buatlah halaman utama untuk pengguna, bukan untuk search engine atau mesin pencari.
  2. Jangan menipu pengguna web anda.
  3. Hindari trik yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Aturan praktis yang baik adalah apakah Anda akan merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke situs Web yang bersaing dengan Anda, atau karyawan Google. Sebuah tes lain yang berguna adalah dengan bertanya, "Apakah ini membantu pengguna saya? Apakah saya melakukan ini jika mesin pencari tidak ada?"
  4. Pikirkan tentang apa yang membuat website anda unik dan berharga. Membuat website Anda menonjol dari orang lain di bidang Anda.
Namun Di sisi lain, masih ada banyak situs-situs EMD yang berhasil lolos ketika saya melakukan cek pada keyword-keyword dengan pencarian terbanyak lainnya. Ada dua faktor tentunya: Yang pertama, situs yang lolos tersebut “dianggap berkualitas” oleh Google (meskipun ini masih menjadi tanda tanya besar, karena banyak situs berkualitas yang juga terdampak EMD update). Kedua, situs-situs tersebut memang belum terdampak EMD Update.

Beberapa fakta di lapangan kemudian menghasilkan analisis-analisis tertentu mengenai Google EMD ini. Meskipun target Google EMD dan kriteria situs yang dituju sudah jelas, namun fakta lapangan menyebutkan bahwa:

    Update ini tidak berkaitan langsung dengan kualitas website.
    Update ini tidak berkalitan dengan incoming links (backlink) ke website.
    Update ini berkaitan dengan penggunaan dan variasi keyword yang digunakan.
    Update ini berfokus pada otoritas website atas niche yang dibawa.
    Update ini bergantung pada otoritas tiap halaman website. 

Cara Mengatasi Google EMD Update Pada Situs yang Terdampak?

Masih terlalu dini untuk mencari strategi dan cara yang tepat untuk menyembuhkan situs yang terkena efek EMD Update, namun ada beberapa eksperimentasi yang saya lakukan dan juga saran yang patut dicoba:

1. Kembangkan Strategi SEO Baru

Setelah mengetahui kasus update EMD yang juga memberikan dampak pada website anda, bersegeralah untuk membuat strategi baru dalam melakukan SEO. Misalnya, hindari strategi-strategi lama yang berbau blackhat dan taktik SEO lama. Sebagai contoh, cobalah untuk mengawali dengan memperbaiki title serta keyword yang anda gunakan di dalam konten. Saya menghapus kata (keyword) yang berkaitan langsung  dengan domain (Blog Mark It), dan membuat title baru yang lebih variatif dan tidak langsung menuju keyword yang ditarget. Atau kembalikan judul pada fungsi “harfiahnya”, membuat pembaca tertarik dan penasaran untuk melihat isi yang disajikan. Artinya, jangan buat fokus keyword untuk search engine, tapi untuk user.

2. Buat Website anda Sebagai Brand

Perbedaan sekedar website dan sebuah website usaha yang memiliki brand terletak pada bagaimana website tersebut berinteraksi dengan user/pengunjung dan juga otoritas pada bidang yang diusung. Branding tidak hanya dibawa oleh website, tapi juga anda sendiri sebagai pemilik, author, atau narasumber-nya. Social sharing dan interaksi di social media adalah langkah yang tepat untuk mengawali. Faktanya, website dan kredibilitas website anda ada di tangan anda. Google memperhatikan betul kredibilitas dan otoritas sebuah website; dan social media kini menjadi salah satu tolok ukur. Seburuk-buruknya nanti ketika anda tidak dapat mengembalikan atau menyembuhkan situs dari EMD update secara cepat, anda masih memiliki kesempatan mendapatkan traffic masif dari social media.

3. Melakukan Analisa Keyword

Keyword yang dipilih juga berpengaruh pada EMD Update. Anda harus menganalisis keyword mana saja yang membuat situs anda terdampak EMD update. Seketika anda menemukan keyword-keyword yang berdampak buruk, segera hapus semuanya. Ini saatnya untuk bergerak maju dan bukan mempertahankan hal yang sudah ada. EMD update diakui sebagai update terberat dan akan menjadi lebih berat jika anda hanya berfokus pada pemulihan niche yang sama.

4. Membuat Target Keyword Baru

Lakukan kembali analisa keyword baru yang hendak ditarget. Kali ini targetkan pada “keyword-keyword yang relevan”, tapi bukan pada “keyword-keyword yang terlalu relevan”. Saya kira anda paham yang saya maksudkan. Setelah selesai, perhatikan betul penggunaan dan penyusunan keyword yang ditanam di berbagai elemen website termasuk pada konten. EMD Update harus diakui masih berupa “hantu” yang belum benar-benar diketahui seluk beluknya. Jika perlu, buat niche baru untuk website anda jika memang niche sebelumnya tidak bisa dikembalikan lagi otoritasnya di mata Google.

5. Fokus Pada Frase Keyword (Long Tail Keyword)

Sebagaimana yang telah saya jelaskan pada artikel terdahulu, cara paling aman adalah dengan mentarget keyword panjang. Long tail keyword berarti susunan kata (frase) yang biasanya terdiri dari minimal 3 kata atau lebih. Long tail keyword juga berperan besar dalam mendatangkan traffic dari search engine dan membuat situs anda aman dari terjangan update-update algoritma Google.

6. Perkaya Konten

Konten yang kaya akan meningkatkan variasi keyword dan khususnya konten website itu sendiri. Berikan value pada website anda dengan menambahkan halaman-halaman baru yang bermanfaat bagi user, baik untuk menunjang bisnis anda secara langsung, maupun sebagai sarana bagi user untuk menemukan ulasan atau solusi tertentu. Tambahkan dukungan pada website anda dengan membuat website atau blog pendukung.

Kurang Lebihnya mungkin seperti itu jika anda ingin menambahkan silahkan dengan senang hati saya terima. Anggap saja kita disini SHARING!!!

Sumber : Taut Web

Google Update Algoritma Exact Match Domain Selesai. Semoga bermanfaat.

19 komentar:

  1. Makasi niee Sobb atas peneranngannya

    BalasHapus
  2. Makasi bang atas peringatannya... smoga bisa dipertimbangkan...

    Follback N comment balik yah di blogku...
    follow #105

    BalasHapus
  3. @galedeg : oke sama sama mas.

    @Yousake NKRI : hahaha, ngeri apanya tuh?

    @Favo Perdana : sipp makasih

    @Edyn Laskar : sipp, hati hati yah jangan sampai blog kamu terlempar :P

    BalasHapus
  4. Kalau saya sie dari dulu emang buat blog untuk pengunjung bukan untuk SE

    BalasHapus
  5. hmmm... ane udah baca inggrisnya kemaren, cuma gak paham, hhehe makasih sob infonya.

    BalasHapus
  6. hehehe makin berat aja ya meningkatkan kualitas web.... ada bagus nya juga nih,,, jd kalo ada juga yg make black hat seo kan terjaring, ada yg nipu pengunjung pke keyword palsu terjaring.... nyatanya blog copy paste masih bertebaran,,, terkenal pula tuh....

    BalasHapus
  7. nice info gan,,terima kasih sudah berbagi infonya

    BalasHapus
  8. artikel yang menarik,,gan,,,terima kasih untuk informasinya

    BalasHapus
  9. wih keren banget artikelnya gan :)

    BalasHapus
  10. mungkin saya salah satu yang kena dampaknya, tolong solusinya ya Sob

    BalasHapus
  11. analisa solusi yang tepat dan mantap. Terima Kasih

    BalasHapus
  12. baru dengan dan akan langsung praktek

    BalasHapus
  13. sering berkunjung ke sini dapat banyak ilmu

    BalasHapus

Berkomentarlah yang sopan, terkait dengan konten, tidak promosi dan tidak SPAMING.!!
Komentar yang tidak tidak mengindahkan aturan di atas, mohon maaf akan saya hapus.