Tips SEO Untuk Blog Baru

Tips SEO Untuk Blog Baru - Bila Anda membuat blog baru, sudah pasti masih perlu waktu untuk dapat terindeks di google. Namun ada seorang teman yang share caranya dibawah ini untuk mengoptimasi blog baru agar bisa cepat terindeks dengan baik.

Tips Optimasi SEO untuk blog baru ini sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Oleh sebab itu, simak baik-baik pembahasan dan cara pengoptimalan SEO untuk blog fresh dibawah ini:

Tips SEO Untuk Blog Baru



1. Tentukan Judul dan URL Blog yang Unik dan Singkat

Setelah menentukan niche pada blog Anda, usahakan judul dan url blog   Anda dibuat secara unik dan singkat. Maksud dari 'unik' ini adalah   membuat berbeda dari judul maupun url blog yang lain agar blog Anda   cepat terindex oleh Google. Selain itu, dari url dan blog yang unik ini   memungkinkan Anda untuk mendapatkan sitelink dari google dengan cepat.   Sedangkan 'singkat' yang dimaksud adalah membuat url dan judul blog  Anda  yang mudah diingat. Minimal 2-3 kata cukup lah. Oh ya sekedar  catatan,  mungkin untuk judul dan blog yang 'unik' saya maksud adalah  untuk blog  yang niche gado-gado. Jika Anda ingin membuat niche khusus,  minimal  masukkan 1 kata kunci dalam url dan judul blog Anda agar  mempunyai nilai  lebih pada hasil SERP blog Anda nantinya. Hal ini  karena bagi yang  menembak keyword dengan niche yang spesifik tentu  lebih mudah dan  dimulai dari keyword on domain dan title tag. Namun  jika blog dengan  niche campuran Anda bisa saja membuat keyword bentuk  lain yang tidak  perlu Anda masukkan keyword khusus dala url dan judul  blog Anda karena  keyword yang Anda tembak berbeda-beda, setidaknya url  dan judul blog  Anda melambangkan apa yang akan dibahas pada blog Anda  tersebut.

2. Biarkan Blog Anda Rehat Minimal 1 Minggu Setelah Dibuat

Hal ini berlaku bagi Anda yang ingin cepat menanamkan backlink cepat   dalam blognya. Ya, maksudnya membiarkan rehat minimal selama 1 minggu   adalah untuk menunggu blog Anda crawl terlebih dahulu untuk segera   diindex oleh mbah Google nantinya. Jika tidak begini mungkin jika Anda   langsung membuat artikel dan langsung menanamkan backlink pada artikel   tersebut mungkin dikira Google blog Anda merupakan blog spam yang secara   tidak langsung dianggap 'boom link'.

Selama masa rehat tersebut Anda dapat mempersiapkan postingan Anda  untuk  nantinya diposting dan juga menanamkan backlink sedikit demi  sedikit  pada url homepage blog Anda agar lebih cepat diindex nantinya.  Barulah  jika dirasa blog Anda di index google dengan cara mengetik di  google "site:url blog Anda"  tanpa tanda kutip, barulah  Anda membuat posting rutin setiap harinya  dan Anda tanam backlink  sedikit demi sedikit secara rutin pula.

Jika Anda mempunyai blog yang sudah lama hingga bertahun-tahun namun   tidak diurus ataupun blognya pernah dibuat lama namun belum dibuat   posting atau postingnya masih acak-acakkan atau amburadul, Anda bisa   menjadikan blog tersebut sebagai blog Anda dan update postingan   (sunting) Anda menjadi lebih bagus lagi. Ingat, jangan dihapus ya, nanti   malah menimbulkan broken link.  Untuk yang satu ini saya belum pernah  coba, namun menurut riset yang  ada umur domain berpengaruh lho pada  index google. Ya, Anda pikir saja,  jika blog Anda yang lama sudah tak  terurus itu pernah diindex google,  berarti mudah saja bukan untuk  mengoptimasinya kembali? Untuk itu,  update postingannya saja, dan kalau  perlu update judul blognya saja,  jangan url blognya karena nanti sama  aja kayak buat blog baru. Dalam  catatan, tips ini berlaku jika blog  tersebut belum/dalam keadaan deindex  (hilang dari pencarian) google.

Selain itu, Anda juga perlu submit sitemap untuk blog Anda melalui  webmaster, hal ini berguna agar memberitahukan google untuk mengcrawl  postingan kita. Banyak kok caranya di google, silakan dicari saja :)

3. Ping Blog dan Tanamkan Backlink Rutin Pada Postingan Anda Serta Submit Sitemap Blog Anda

Setelah dua tips di atas telah Anda lakukan, saatnya lah membuat   postingan yang rutin secara original. Dalam artian tidak copy paste dan   merupakan hasil karya Anda sendiri. Karena saat ini google dalam   algoritma nya EMD memperhatikan segala macam keyword   dan artikel yang berkualitas. Sampai saat ini, untuk mengetahui artikel   yang berkualitas itu bagaimana, saya hanya mengambil patokan dari  quality guidelines. Lalu, Anda ping Blog Anda tiap kali punya posting  dan tanamkan backlink pada postingan Anda minimal satu hari setelah dipublish. Lho kenapa harus menunggu satu hari? Ya, kita kembali seperti poin nomor 2 tadi, yaitu menunggu index google terlebih dahulu sampai postingan benar-benar diindex. Yah walaupun   terkadang untuk blog baru butuh hingga 3-5 hari baru diindex google   postingannya, tapi gak ada salahnya menurut saya selama ini menanamkan   backlink sedikit demi sedikit ke artikel blognya secara rutin, nanti   makin banyak posting maka index semakin cepat kok.

Sedikit tips untuk artikel Anda, jangan gunakan banyak keyword  stuffing,  hidden link, dan farm link (link yang merujuk ke banyak  postingan  tetapi anchor tidak sesuai dengan apa yang dibahas), dan  blackhat  lainnya. Keyword stuffing adalah penanaman keyword secara  berlebihan  dalam artikel Anda. Lha terus bagaimana cara ngitung  keywordnya? Mungkin  bisa diambil dari keyword density sekitar 2-3%.  Anda bisa menggunakan  keyword density checker otomatis di google. Untuk  hidden link, mungkin  sampai saat ini saya belum pernah menemukan  teman-teman yang artikelnya  diblacklist oleh google karena hidden link  ini. Tapi jangan pernah  beranggapan gak punya dampak negatif, pasti ada  kok, toh karena hidden  link ini masuk dalam webmaster guidelines. Jadi  berhati-hati saja :)

Selain itu, Anda juga perlu submit sitemap untuk blog Anda melalui  webmaster, hal ini berguna agar memberitahukan google untuk mengcrawl  postingan kita. Banyak kok caranya di google, silakan dicari saja :)

4. Review Blog Anda! (Guest Posts)

Jika semua sudah terpenuhi, di tengah-tengah riset Anda mencari dan   menembak keyword, jangan lupa perhatikan homepage blog Anda sebagai otak   dari blog Anda. Jangan pikir, banyak backlink pada postingan bisa  cepat  juga terindex google. Backlink pada homepage juga penting  (backlink masih dibutuhkan? klik disini untuk penjelasan), bahkan yang  utama sebelumnya sebelum mencari backlink lain. Saya pernah bertanya  pada master Gentara Lukas pemilik gen22.net yang memang master pada setiap keyword abadi, beliau mengatakan backlink utama adalah backlink pada homepage, barulah kita mencari backlink pada postingan.

Logikanya gini, anggap saja homepage blog itu adalah tiang rumah  kita,  dan backlink postingan kita adalah furniturenya. Jika backlink  homepage  atau tiang pada rumah kita saja rapuh, bagaimana menahan  segala  furniture rumahnya? Saya pikir benar sekali kata beliau, karena  backlink  homepage adalah yang utama. Sudah saya bahas awalnya pada poin  nomor 2  di atas.

Untuk tips mencari backlink pada homepage blog Anda jalan yang sering   dan paling utama saya gunakan adalah review blog. Maksudnya adalah   dengan menanamkan backlink pada homepage blog dengan membuat artikel   pada blog lain yang linknya mengarah pada homepage blog Anda. Jika tidak   ingin ribet, sewa dan beli saja postingan untuk dipasang di blog orang   lain untuk mencari backlink. Selain itu juga Anda bisa membuat artikel   yang mereview tentang blog baru Anda lalu dipublikasikan pada blog  yang  mencari artikel original dengan tema bebas termasuk review blog.   Usahakan blog yang menjadi tempat Anda review mempunyai PR tinggi   minimal PR 1, namun PR di bawahnya juga boleh asalkan Anda jangan   coba-coba untuk memberi timbal balik ke blog tersebut. Lah maksudnya  tukar link?  Hampir mirip, cuman ini dalam bentuk postingan. Cara ini  merupakan cara  utama saya dalam pencarian backlink berkualitas agar  blog Anda mulai  dilirik dan dianggap sebagai blog yang baik untuk blog  orang lain  sehingga ditempatkan google dalam posisi yang bagus di SERP.

Jika Anda mempunyai blog yang lain dan masih  bagus maka jangan  sia-siakanlah blog Anda tersebut. Anda bisa me-review  blog Anda dari  blog Anda yang lain dengan keyword yang lebih spesifik  lagi, namun  bukan dalam artian sama. Artinya lebih spesifik dari yang  sebelumnya.  Misalnya keyword yang ditembak adalah gemscool, maka buatlah  review  keyword spesifik dari blog lain mengarah ke blog Anda misalnya  cara  mendaftar gemscool, gemscool point blank indonesia, gemscool lost  saga  indonesia, forum gemscool indonesia, dll. Namun jangan lupa untuk   menulisnya dalam artikel yang original dan tulisan Anda sendiri. Hal ini   berguna agar blog Anda tersebut dirasa bermanfaat bagi orang lain   karena link yang kita tanam dari blog kita yang satu ke blog baru Anda   sehingga memungkinkan blog Anda akan bagus di mata google.

5. Jangan Memberikan Timbal Balik Link ke Blog Orang Lain

Sudah saya singgung dalam poin 4 tadi bahwa jangan melakukan tukar  link  atau memberikan link ke luar selain ke blog yang tidak authority.   Authority adalah maksudnya blog atau web yang baik dan telah dipercaya   oleh google (web yang besar) seperti wikipedia, google, dll. Mengapa   seperti itu? Mengapa hanya boleh ke blog/web yang authority saja?   Logikanya gini, jika backlink homepage atau tiang rumah kita yang jadi   penyangganya saja masih baru atau rapuh bahkan tidak ada bagaimana   memberikannya ke orang lain? Dalam hal ini backlink pada blog kita saja   masih tidak ada kita malah memberikannya ke blog orang lain. Google   pasti akan melihat blog kita sebagai blog yang dianggap spam juga. Nah   kenapa harus beri link ke yang authority saja? Sebenarnya ini opsional,   terserah mau Anda beri atau tidak asal jangan berlebihan. Alasannya   karena blog authority yang merupakan web-web besar seperti wikipedia dan   google pada umumnya mempunyai hasil yang bagus di mata robot google  dan  dianggap mempunyai pengaruh yang besar. Dalam hal ini jika kita  memberi  link atau rujukan dalam postingan ke web besar seperti  wikipedia tadi,  maka tak apa karena artinya kita memberikan ilmu  pengetahuan yang lebih  lagi kepada pengunjung ke web-web besar yang  kita beri rujukan link  tadi.

6. Gunakan Social Media sebagai Penunjang Untuk Promosi (SMO)

Saat ini sosial media sering dikaitkan dengan SEO, khususnya pada  twitter dan google plus.  Saat kita menampilkan url blog kita pada  socialmedia seperti twitter  dan google plus tadi, maka google akan  mempertimbangkan link kita  sebagai link rujukan yang memang bermanfaat  dan datang dari situs besar  seperti twitter dan google plus itu tadi,  sehingga hasil pencarian blog  Anda lebih bagus di mata google. Tidak  hanya menggunakan profil social  media sebagai penunjang seo Anda, namun  juga faktor share lainnya  seperti tombol +1  yang banyak info  mengatakan bahwa semakin banyak +1 dari pengunjung  maka artikel Anda  semakin dianggap bermanfaat oleh Google, oleh karena  itu social media  juga berpengaruh pada seo Anda.

Selain optimasi seo pada blog Anda, social media juga bisa Anda  gunakan  untuk menarik pengunjung tetap dan membuat kredibilitas tentang  diri  Anda. Misalnya dengan membuat fanspage, twitter fans, akun google  plus  dan akun socialmedia lainnya dengan mengatasnamakan identitas  blog Anda.  Nah dari situ Anda mulai berpromosi di social media dengan  banyak  melakukan share dan update status rutin mengenai perkembangan  ataupun  celotehan dari fanspage Anda. Semakin banyak share, semakin  banyak juga  peluang yang Anda miliki untuk memiliki pengunjung yang  berlimpah.  Selain itu, Anda juga bisa menggunakan social media sebagai  media untuk  mempromosikan produk Anda jika Anda menjual sesuatu. Jadi,  jangan pernah  Anda remehkan sosial media.

Optimasi Artikel (Tips SEO)
Mungkin ada sedikit yang dapat saya berikan untuk mengenai artikel  Anda  yang rekomendasi untuk blog baru Anda sehingga cepat diindex  google.

1. Buatlah Artikel Yang Berkualitas + Gambar
Artikel yang berkualitas disini adalah artikel yang memperhatikan   relevansi artikel dengan nilai readership (daya tarik pembaca) dan   valuable (bermanfaat). Buatlah artikel selayaknya untuk pembaca, jangan   menumpuk keyword (keyword stuffing) yang malah akan berdampak buruk  bagi  blog Anda. Panjang artikel dan keyword density sekarang tidak   berpengaruh, yang penting tingkat relevansi dengan topik yang   dibicarakan. Dan jangan lupa buat gambar+alt nya ya :)

2. Internal Link Antar Artikel yang Se-Topic
Internal link dalam artikel ke artikel lain sampai saat ini tidak  pernah  terlupakan. Hampir setiap web-web besar yang memberikan/rujukan  link ke  artikel lainnya demi lebih pengetahuan pengunjung ataupun dalam  hal seo  seperti wikipedia, mattcutts.com, dll. Internal link digunakan  sebagai  pengawal dalam memperkuat postingan Anda ke postingan lain  ataupun  sebaliknya.

Misalkan Anda membuat 3 artikel tentang gemscool (keyword utama).  Lalu  keyword turunan yang pertama adalah artikel tentang forum gemscool   indonesia. Yang kedua cara mendaftar gemscool indonesia, dan yang  ketiga  adalah gemscool login. Nah Anda bisa membuat 3 artikel tersebut  dengan  membuat link yang saling berkaitan dengan anchor teks yang  berbeda-beda  sesuai dengan keyword turunanannya tapi tetap mengacu  kepada keyword  utama yang sama yaitu gemscool. Nah dalam hal ini google  akan melihat  artikel Anda sebagai artikel yang berkualitas dengan  memberikan rujukan  link ke artikel Anda lainnya yang bersesuaian. Oh  ya, Anda juga bisa kok  mengubah skema link sesuai kehendak Anda asalkan  keywordnya tetap  saling berkaitan. Anda juga bisa memberi link dari 3  artikel keyword  turunan ke keyword utama untuk memperkuat postingan  keyword utama Anda.

Catatan :

1. Kelanjutan dari tips ini hanya berlaku untuk jangka panjang.  Karena yang saya terapkan dan berikan pada artikel ini berlangsung  secara rutin sedikit demi sedikit namun mumpuni pada semua artikel dan  juga homepage. Namun jika Anda orang yang pengen cepet-cepet, mungkin bisa aja tapi saya gak tanggung resikonya ^^v

2. Bukan bermaksud menggurui, tapi ane share ini karena hanya untuk share pengalaman ane doang dan sampai saat ini indexnya masih bagus. Saran dan kritik tetap diterima, kali aja ane punya kekhilafan :)

3. Di dokumen ini gak dibahas tentang cara2 seo yang lebih spesifik misalnya cara nembak keyword yg bagus, backlink yang bagus itu yang gimana, tehnik backlink, internal linking dll, disini cuman dasarnya saja. Jadi silakan berkreasi sendiri :)

Nah mungkin itu saja tips yang saya berikan pada artikel Tips SEO untuk Blog Baru ini.  Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. halo, saya hanif! saya masih pemula dalam seo dan artikel anda memberi manfaat bagi saya yang masih pemula ini! artikel seo pemula anda sangat mencerahkan dan memacu saya agar lebih baik lagi! terima kasih.. terus semangat dan terus update! salam sukses dari saya! blog saya trikpanduanseo(dot)blogspot(dot)com kalau bisa kunjungi ya! terima kasih.. :D

    BalasHapus
  2. sy pemula gan dan mau belajar dari sini

    BalasHapus

Berkomentarlah yang sopan, terkait dengan konten, tidak promosi dan tidak SPAMING.!!
Komentar yang tidak tidak mengindahkan aturan di atas, mohon maaf akan saya hapus.